• 021 22805042
  • cskhazzanahtours@yahoo.com
ANTISIVASI PENCEGAHAN VIRUS CORONA

ANTISIVASI PENCEGAHAN VIRUS CORONA

  • 04 Mar 2020
Ini Panduan Supaya Tidak Tertular Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta Munculnya 2 kasus virus corona atau COVID-19 di Indonesia cukup membuat heboh. Beberapa penjual masker dan hand sanitizer jadi sasaran warga.

Langkah pencegahan virus corona dengan masker memang membantu, tapi sejumlah ahli menilai menjaga imun tubuh sendiri lebih penting.

Seperti disampaikan Ashley Blake Greenblatt, seorang personal trainer dan pelatih kesehatan bersertifikat di Amerika, mencegah virus dengan tata cara yang tepat seperti mencuci tangan, menutupi mulut ketika bersin atau batuk, serta tinggal di rumah saat sakit memang penting. Namun, Anda juga perlu menjaga pola makan, olahraga, dan memanajemen stres untuk menghindari penyakit apapun.

Dan  berikut ini Tips-Tips nya

1. Cuci tangan

Tips paling utama yaitu cuci tangan dengan air bersih dan sabun minimal 20 detik. Kenapa? Virus dapat menyebar dari orang ke orang melalui droplet pernapasan. Misalnya dari bersin, batuk, kontak dekat dari orang tertular. Kita tidak tahu apa yang orang tertular sentuh. Jadi, jangan menyentuh mata, hidung, mulut Anda sebelum mencuci tangan. Jangan dulu berjabat tangan, berpelukan, apalagi berciuman. Semua itu dapat mengirimkan virus.

Bagi yang mengalami gejala batuk, diharapkan untuk memakai masker. Dan selalu mencuci tangan setiap habis bersin atau batuk. Tutupi mulut dan hidung dengan siku tangan atau tisu setiap bersin atau batuk.

Jika Anda mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, cari perawatan medis sejak diniTetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat. Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi terlebih dahulu. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda.

2. Jangan panik

"Ini bukan waktunya panik, melainkan waktunya untuk mempersiapkan rencana untuk keluarga Anda," ujar Rebecca Katz yang mengarahkan Center for Global Health Science and Security.

Anggap wabah tersebut sebagai badai yang juga pasti akan berlalu. Penuhi persediaan makanan Anda, terutama nasi dan kacang-kacangan. Penuhi juga kulkas Anda dengan daging, buah dan sayur

3. Masker bukan satu-satunya cara mencegah penyakit

Hingga saat ini, tidak ada bukti bahwa masker mencegah tertular virus. Karena masker bisa saja tidak pas di wajah, sehingga ada jalan masuk menghirup droplet orang yang terinfeksi.

Petugas kesehatan telah dilatih menggunakan masker yang benar dan terbukti efektif untuk hal klinis. Bagi orang yang tinggal di rumah, CDC merekomendasikan menggunakan masker hanya pada saat-saat tertentu, misalnya merawat orang yang sedang sakit.

4. Cerdas memilih perjalanan

CDC memperbaharui informasi cukup sering. Pemerintah menggunakan skala 4 tingkat untuk menentukan peringkat risiko. level 1 adalah risiko terendah dan level 4 yang tertinggi atau terparah.

Misalnya di Italia yang juga terdampak COVID-19, saat ini pemerintahnya memberikan peringatan level 4. CDC menyarankan orang dewasa dan lansia yang memiliki kondisi medis kronis harus mempertimbangkan untuk menunda perjalanan yang tidak penting.


5. Tetap terinformasi dan ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan

Ikuti saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan, otoritas kesehatan publik nasional dan lokal tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19.


WhatsApp Kami